Solo Trip to Nusa Lembongan Day 2 dan 3

Day 2 !

Hari terakhir puasa. Berdiam diri di bungalow melanjutkan tulisan. Coba keluar sebentar, ternyata gw ga tahan panasnya dan takut dehidrasi hahaha. Ya udah kembali ke Bungalow, jam 14.00, gw ke Batu Karang Lembongan resort untuk facial di Lulur Spa nya . Lumayan lah at least ada kegiatan lain yang dilakuin selain berdiam diri di bungalow.

Batu Karang Lembongan

Batu Karang Lembongan Resort ini perhaps yang paling mahal di Nusa Lembongan. Semalamnya bisa 2.5jt – 4jt an dan pada saat itu sudah full karena katanya cuma ada beberapa kamar aja (25 kamar kalau ngga salah denger). Pemandangannya bagus banget sih emang, mereka punya kolam dan bar dengan view yang keren dan kalau mau ke Lulur Spa nya, bakalan di anter pake semacam golf car gitu naik ke atas.

Day 3 !

Hari raya yang tidak terasa seperti hari raya. Ngga ada mesjid juga di pulau ini. Ya mau gimana lagi yah…

Gw sarapan di The Deck Cafe & Bar. Selama dua hari puasa gw udah pengen banget datang ke cafe ini, habis orang – orang pada rame nongkrong disini. Tempatnya bagus banget sih dan sering banget juga di post di Instagram. Jam 7 pagi gw udah duduk cantik di cafe ini . Gw mesen juice dan semangkuk makanan sehat (granola,berbagai macam kacang, dan teman – temannya).

The Deck Cafe

The deck cafe

So, the plan di hari lebaran ini adalah gw harus keliling Nusa Lembongan. Gw udah nanya kanan kiri, katanya kemana – mana harus naik motor. “Oh damn, gw ngga bisa naik motor sama sekali hiks” trus gw tanya kalau  misalnya jalan kaki gimana? si Bli nya bilang kalau naik motor  beberapa jam aja sudah bisa keliling Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan tapi kalau jalan kaki ya bisa seharian.

Di otak gw, ya udah coba ke beberapa tempat jalan kaki dulu. Dengan bermodalkan map yang coba di hapal dari gambar map gede yang gw liat on the way tadi, gw jalan aja dengan cueknya. Ternyata ke sotoian gw malah bikin capek sendiri, jalan tanpa tujuan dan malah bingung gw lagi dimana, kanan kiri cuma ada pohon, serem sendiri akhirnya balik ke jalan utama. Cari guide deh untuk ngajak gw jalan – jalan. Akhirnya gw dapat setelah ngeliat kesana kemari nyari tempat yang bisa provide service keliling pulau. Berkenalanlah gw dengan Bli Sepa . Gw bayar 300rb untuk seharian keliling. Ya udalah ya bayar aja daripada gw ngga jelas hidupnya di pulau orang.

First stop was to mangrove forest. Gw bayar 100rb untuk perahunya. Ini biaya sudah di atur sama pimpinan daerah tersebut supaya tidak ada kompetisi whatsoever jadi ga saling berebut penumpang dan ngasih duitnya juga ke loketnya mereka bukan ke orang yang bawa perahunya. Baguslah diatur jadi lebih tertib. Kalau kamu pergi rame – rame sih enak, 100rb bisa dibagi berapa orang berhubung gw sendiri ya udah harus bayar segitu untuk keliling mangrove. Gimana mangrove forestnya? ya gitu deh namanya juga hutan mangrove, ya yang dilihat semuanya mangrove. Sebenarnya gw udah sering sih di kalimantan liat mangrove tapi karena pengen ngerasain mangrove-nya lembongan jadi gw setuju aja ketika disaranin kesini.

Mangrove Forest

Second stop, gw ke Nusa Ceningan. Another island yang dihubungkan dengan jembatan berwarna kuning ngejreng. Perjalanan naik motor kira – kira 30 menit.

Nusa Ceningan

Setelah melewati jembatan yang sempit banget dan hanya bisa dilalui oleh motor ini, gw dan si Bli Sepa langsung meluncur ke Blue Lagoon. Ini adalah jumping area yang sering gw liat di instagram. Ternyata karena masalah perijinan, pada saat gw kesana jumping area itu sudah tidak diperbolehkan lagi (ngga mau loncat juga sih gw) .

Blue Lagoon

Blue Lagoon ini keren banget viewnya, bener – bener lautan biru cantik dengan ombak yang pada saat itu tidak terlalu besar. Setelah puas memandangi view di Blue Lagoon, gw kembali lagi ke Nusa Lembongan. Pemandangan crystal clear blue water mengelilingi perjalanan gw yang sangat romantis berdua dengan bli sepa di siang bolong itu hahaha…

Nusa Ceningan

Oh ya sempat berhenti juga untuk melihat pemandangan Nusa Lembongan dari atas (panorama point namanya).

panorama point

Back to Nusa Lembongan, gw di ajak sama si Bli ke Mushroom beach .Ntah kenapa dinamain mushroom beach, gw ga nanya juga gw, mungkin banyak mushroom di sekitarnya atau banyak orang jualan “mushroom” #eh.

Ini pantai sebenarnya untuk tempat naik dan turunnya penumpang boat, jadi agak packed saat itu dan kurang cocok untuk nyantai disana secara orangnya banyak. Banyak juga orang parkir motor disana ntah motor tersebut untuk disewakan atau lagi pada nunggu orang datang. Jadi gw langsung minta ke destinasi berikutnya yaitu Dream Beach.

Mushroom beach

Dream beach sih cantik tapi pada saat itu ombaknya gede buanget, dan orang – orang pun ngga ada yang berani berenang disana. Kebanyakan malah berenang di kolam renang yang menghadap pantai tersebut. Yah gw mah males yah, kalau ke pantai ujung-ujugnya berenang di kolam renang juga.

dream beach

Berhubung gw sudah lama juga ngga snorkling, gw  minta ke Bli Sepa untuk ajak gw ke tempat yang nyediain jasa snorkling lengkap dengan boat dan peralatannya. Jadilah gw di bawa ke suatu tempat, disuruh ganti baju dulu sambil nunggu boatnya datang. Tujuan snorklingnya adalah di mangrove point. Ketika boat datang, gw berangkat dengan dua orang cewek bule ke lokasi snorkling tersebut. Sesampainya disana, ga perlu banyak nunggu gw langsung nyemplung aja. Ikannya banyak juga begitu juga dengan karang – karangnya. Sebenarnya kalau bisa diving mah, gw bisa ngeliat lebih banyak lagi di pulau ini, ada ikan mola – mola , manta rays dll. Sayang ngga punya lisensinya hiks. Setelah satu jam snorkling, balik lagi ke tempat semula dan gw minta langsung di anter pulang ke arah bungalow.

Instead of langsung balik, gw jalan kaki 5 menit an dari bungalow untuk bobo cantik di Coconut Beach. Di pantai ini banyak banget bule – bule yang surfing (lumayan cyn pemandangannya :p).

coconut beach

Gw sampe lupa makan siang gara – gara terlalu happy bisa keliling pulau hahaha. Gw baru makan pas malamnya di resto sebelah bungalow gw namanya Lembongan Reef. Makanannya enak – enak. Gw pesen nasi goreng setelah lama ngga menyentuh nasgor ntah kenapa tergiur ngeliat para bule pada mesen itu haha dan ternyata emang enak!!

lembongan reef

Its a wrap for day 2 and 3 !

What a kick ass day! Walaupun rada miris juga ngeliat socmed temen – temen yang lagi merayakan lebaran lengkap dengan makanan-makanannya sedangkan gw jauh di pulau orang bertualang sendirian ahhaha.