Solo Trip to Nusa Lembongan Day 1

I’m Bacck!!!

Lol, lama ngga nulis yah, padahal ada beberapa trip yang pengen gw share cuma jujur gw udah lupa detailnya hiks.

Mumpung masih fresh di ingetan, gw mau cerita tentang perjalanan solo trip gw selama libur lebaran kemarin. Jadi ceritanya gw ngga pulang kampung karena satu dan lain hal, jadi ngerayain lebarannya malah setelah liburan usai ahhaha. Gw dari beberapa bulan sebelumnya sudah beach sick banget, pengen ke pantai, pengen leyeh-leyeh. Waktu ngeliat kalender ternyata libur lebaran cukup panjang, gw memutuskan untuk solo trip. Tapi pada saat itu belum tau mau kemana dan berangkat kapan. Belum lagi masih galau harus pulang kampung apa ngga.

Jadinya malah baru tanggal 1 Juli gw beli tiket ke Bali. Tiket Pulang Pergi tangga 3 Juli berangkat, 8 Juli balik, Rp.2.256jt. Mayan ya bok! salah sendiri pesen last minute.

Anyway,goals dari liburan gw ini adalah untuk berkangen-kangen ria dengan pantai, time to refresh my energy, nulis buku yang belum selesai – selesai karena sok sibuk ini itu, dan udah lama aja ngga bener – bener me time jauh dari kemacetan kota Jakarta.

Kriteria lokasi tempat liburan gw kali ini adalah :

1. Ada pantainya (bisa untuk berenang,snorkling,atau cuma guling guling di pantai – karena beberapa pantai ngga bisa buat berenang soalnya ombak terlalu gede atau terlalu banyak karang)
  2. Ngga terlalu crowded tapi ngga terlalu sepi -sepi banget juga.
  3. Ada tempat-tempat nongkrong yang asik menghadap pantai. Jadi bukan yang cuma ada pantainya doank tok tapi ga ada kehidupan yang lain. ( ngerti kan maksudnya?)
  4. Perjalanannya ga terlalu jauh jadi ga buang waktu karena niatan gw liburan ini bukan ala backpacker seperti sebelum-sebelumnya.
  5. Ngga ada / sedikit mobil. Sarana transportnya lebih ke sepeda/sepeda motor
  6. Not too expensive on transport. Banyak kan island yang sebenarnya di tempat liburannya sih murah spendingnya tapi biaya kesananya yang mahal gila.

Bawel ya? hahaha biarin! On top of my head waktu itu cuma ada Bali sama Lombok (Gili Trawangan esp). Lebaran tahun lalu gw dan keluarga besar ke Derawan. Kehidupannya cuma pantai aja disana, ga ada kafe yang ada musik – musiknya haha plus gw udah 2x kesana jadi nyari yang bener – bener belum kesentuh ama gw.

Akhirnya kepikiran Nusa Lembongan karena sering liat di Instagram :p . Sepertinya perfect dan memenuhi semua kriteria yang gw inginkan.

Gw udah nyiapin duitnya dari beberapa bulan sebelumnya, so unlike before ,gw mau liburan yang ngga pake mikir about spending jadi udah nyiapin satu ATM yang memang isinya budget untuk liburan itu. Gw cuma pake satu atm gw namain “atm centil” . Sengaja budgetnya digedein dari biasanya supaya gw bisa ngapa-ngapain aja. Prinsip gw adalah its ok liburan – liburan yang laen nginep di rumah warga, pake kapal barang, naek bus berbelas jam,makan yang murah meriah, tapi harus ada satu liburan yang bener – bener slightly fancy.

So, gw berangkat tanggal 3 Juli hari minggu malem pake citilink penerbangan jam 19.45, nyampe Bali sekitar 22.40 waktu sana. Karena besoknya gw berangkat ke Nusa Lembongan pagi banget dari Sanur jadi gw nyari guest hotel yang murah di Sanur. Wong cuma buat stay 8 jam aja ngapain mahal – mahal. Gw pesen di Agoda guest house Sadana Bali Guest House. Tempatnya sih masuk ke dalam gang kecil gitu, tapi surprisingly bagus dan decent untuk harga Rp.289.354. Ruangannya gede, ada ruang tamunya juga. Kamar mandinya bersih (penting banget).

Berhubung masih puasa yah dan karena si guest house ga bisa pesen makan untuk sahur jadi gw pesen MCDonald yang ngga jauh dari guest house itu. Hahha fast food to the rescue.

Besoknya gw berangkat ke Nusa Lembongan. Gw pesen boat di balifastboats.com . Pesen boat pulang pergi sanur – nusa lembongan – sanur plus di jemput dari guest house ke port dan pulangnya dari port di anterin ke airport (untuk balik Jkt di hari yang sama) . Total semuanya 500rb an . Ada sih yang jauh lebih murah dari ini, pake kapal kecil / perahu lokal gitu. Cuman gw kan pengen liburan yang praktis, gw mau ke port ada yang jemput, dan waktu pulang bisa langsung di anter ke bandara.

Perjalanan dari Sanur ke Nusa Lembongan cuma 30 menit aja pake fast boat namanya Scoot.

Scoot

Gw berangkat sekitar jam 10 pagi, nyampe sana jam 10.30 . Pemandangan resort dan cafe -cafe dari jauh aja udah cantik bangeeet. Love love it!!

Nusa Lembongan

Dengan bawa koper nenteng – nenteng, gw nyari deh penginapan gw namanya OKA 7  Bungalow. Hotelnya decent, gede kamarnya trus dapat dua bed, tempatnya rada tinggian jadi bisa lihat pemandangan pantai di bawah yang cantik banget. Per malamnya waktu itu sekitar 600rb an. Could be cheaper deh ya kalau ngga peak season. Bungalow ini yang punya orang lokal katanya.

Oka 7 Bungalow

Anyway, jadi di Nusa lembongan punya kaya dua sisi gitu, sisi satu yang ada penginapan – penginapan resort dan bungalow serta cafe – cafe di tempat yang rada tinggian , terus sisi satunya di dataran rendahnya ada penginapan yang jauh lebih murah, ada resto dan kafe-kafe juga dan disini nyampur dengan perumahan para warga nusa lembongan.

Nusa Lembongan

Berhubung masih capek dan juga bulan puasa serta panas terik kerasa banget, daripada gw dehidrasi mending gw di bungalow aja sambil nulis buku dengan pemandangan pantai yang luar biasa. Arrrgh heavennn!

Gw baru ninggalin bungalow itu sekitar jam 5, mau dekat – dekat buka puasa. Gw jalan – jalan deh di daerah kawasan tempat gw itu sambil foto-foto. Ahhhh selalu terharu banget kalau ngeliat ciptaanNya yang luar biasaaa…

Gw buka puasa di resto depan Coconut Beach Resort.Katanya ini resort pertama yang ada di Nusa Lembongan. Malemnya gw nongkrong sambil dengerin musik dan lanjut nulis di Ware – Ware. Tempatnya asik dan bagus . Banyak yang datang kesini untuk makan malam.

Coconut Beach Resort

Again, ga ada yang bisa kasih gw makanan untuk sahur hahaha dan bodohnya lagi gw ga ada beli cemilan apapun karena gw ga tau warung tutupnya early banget disini. Cuma ada dua warung di kawasan gw dan jam 9 malem udah pada tutup, kalau mau cari warung ke sisi bawah yang mana gw males jalannya karena lumayan jauh dan belum tentu juga masih buka.

Akhirnya gw minum yang banyak. Mau pesen makan di Ware – ware ga bisa karena gw datang kesana jam 9.30 , cuma bisa pesen minum. Ya sudlah pasrah!